Sebuah Cita-Cita

Indonesia adalah sebuah cita-cita. Indonesia berdiri untuk menyelenggarakan kehidupan bernegara yang menjamin martabat warga negara yang setaraf yang memiliki kesamaan tujuan dan cita-cita. Kita semua adalah sebuah cita-cita tentang obsesi bernegara untuk menjadikan rakyat tersenyum bahagia. PARA Syndicate hadir sebagai asosiasi holistik dari Indonesia sebagai sebuah cita-cita.

Di tengah kondisi bangsa yang miskin negarawan dan guru bangsa, Indonesia hari ini menghadapi kemiskinan dan keterbelahan bangsa serta melebarnya ancaman radikalisme dan intoleransi. Dibutuhkan pemahaman yang benar untuk sampai pada solusi yang tepat. Syndicate hadir untuk menyemai gagasan dan pemikiran dari ranah politik sebagai pusat perumusan dan pengambilan keputusan sehingga berpolitik menjadi panggilan untuk menegakkan cita-cita Republik.

Tentang Lembaga

PARA Syndicate merupakan kelanjutan dari Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), adalah sebuah lembaga kajian kebijakan (policy studies) independen yang didirikan oleh Yayasan Cah Angon (Cah Angon Foundation). Pendirian lembaga ini digagas oleh Sukardi Rinakit bersama para peneliti senior Soegeng Sarjadi Syndicate sebagai ikhtiar bersama meneruskan cita-cita dan gagasan para Pendiri Republik. Perhatian utama Syndicate adalah memastikan agar proses demokratisasi di Republik berjalan pada rel yang benar, sehingga berpolitik dijalankan dalam rangka bernegara, dan bernegara dalam rangka berkonstitusi.

PARA Syndicate berperan sebagai medium intelektual untuk menelurkan gagasan-gagasan bernas dalam upaya membangun kesadaran kebangsaan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik di Indonesia. Aktivitas utama lembaga adalah melakukan analisis politik dan telaah kebijakan untuk disampaikan kepada siapa pun yang membutuhkan.

Mengapa PARA Syndicate

Syndicate merupakan satu dari sedikit lembaga yang serius memperhatikan masalah kebangsaan utamanya krisis kepemimpinan. Kami berikhtiar mengembangkan pemikiran kritis dan kebijakan strategis dengan komitmen pada penegakan pluralisme dan kebangsaan untuk menjaga politik bernegara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Dengan dukungan sumberdaya kuat dan jaringan luas kami berperan sebagai medium intelektual guna menelurkan gagasan-gagasan bernas dalam upaya membangun kesadaran kebangsaan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik di Indonesia. Fokus utama lembaga mendorong munculnya tokoh-tokoh pembaru inspiratif di tingkat nasional dan lokal yang berjuang memajukan kehidupan kebangsaan dan demokrasi di tengah masyarakat.

 

 

 

program Kuliah Umum yang menghadirkan para negarawan, guru bangsa, serta tokoh & ahli di bidangnya. 

program Diskusi Publik reguler yang mengangkat tema-tema penting, aktual, dan faktual.



saksikan selengkapnya di:

YouTube Channel
youtube.com/c/parasyndicate