Setelah polemik berlarut-larut soal calon Kapolri, Presiden Joko Widodo akhirnya menemui pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Komplek Parlemen (6/4/2015). Pertemuan itu membahas tindak lanjut pencalonan Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri baru.

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan pimpinan DPR, fraksi dan komisi dilakukan tertutup membahas perihal pencalonan Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri. Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi memberikan penjelasan perihal alasan pergantian calon Kapolri Komjen Budi Gunawan. Presiden Jokowi usai melakukan pertemuan mengatakan, pertemuan dengan DPR ini sebagai upaya melaksanakan sistem ketatanegaraan yang baik.

Tetapi wakil Ketua Komisi III DPR-RI Trimedya Panjaitan menuturkan kini parlemen memandang Presiden melecehkan parlemen karena tidak menindaklanjuti lolosnya Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Presiden justru menggantinya dengan calon lain yakni Komjen Badrodin Haiti. Namun, dengan kesediaan Jokowi bertemu dengan pimpinan DPR dan pimpinan fraksi, hubungan DPR dengan pemerintah kini mulai cair dan membaik.

Berjalan tanpa adanya seorang kepala cukup mengganggu kerja kepolisian belakangan ini. Hal itu diakui Badrodin yang mendapat amanat untuk menjalankan tugas sebagai Kapolri definitif. Badrodin mengingatkan ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan sebagai Wakapolri dalam memimpin institusi Polri. Sehingga, seorang Kapolri definitif perlu segera ditetapkan.

Menurutnya Kapolri akan memastikan semua program kepolisian berjalan secara pasti. Selain itu, penunjukan kapolri definitif akan membuat kerja kepolisian lebih efektif. Tidak ragu, terkait masalah pembinaan personel, kerja sama dengan institusi penegak hukum lain, dan pelayanan serta perlindungan masyarakat akan lebih bisa ditingkatkan (FS Swantoro).

Category: Scrutiny 2015-2017

 

program Kuliah Umum yang menghadirkan para negarawan, guru bangsa, serta tokoh & ahli di bidangnya. 

program Diskusi Publik reguler yang mengangkat tema-tema penting, aktual, dan faktual.


Membaca DEBAT CAPRES Seri-2: Antara Capaian dan Optimisme Keberlanjutan Kebijakan

saksikan selengkapnya di:

YouTube Channel
youtube.com/c/parasyndicate

  • 1
  • 2