Belum genap dua pekan setelah dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melontarkan kritik tajam yang dutujukan pada koleganya di kabinet kerja terkait dengan rencana pembelian airbus A350 oleh Garuda Indonesia, proyek listrik 35 ribu megawatt dan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Adalah Wakil Presiden Jusuf Kala yang tersinggung atas kritik Rizal Ramli itu. “Menko seperti itu kan tidak etis, Tak usah dihiraukan,” kata Jusuf Kalla (Koran Tempo,20/8/2015). Sehari sebelumnya Jusuf Kalla mengatakan, “Sebagai menteri harus pelajari dulu sebelum berkomentar. Memang tidak masuk akal, tapi menteri harus banyak akalnya. Kalau kurang akal, pasti tidak paham itu.”

Alasan Rizal Ramli melontarkan kritik yang membuat Jusuf Kalla berang, sebagai shock therapy, supaya tidak semua memilih zona aman, semua dibilang sudah bagus. “Ini jurus rajawali ngepret,” katanya (Koran Tempo, 20/8/2015).

Itu sebabnya seusai sidang kabinet Rabu, 19/8/2015 Presiden Jokowi terpaksa memanggil kedua pejabat itu, tapi hanya Rizal Ramli yang datang menghadap presiden. Sementara Jusuf Kalla terus ngacir kembali ke kantornya. Nampaknya dalam sidang kabinet tersebut kritik Rizal Ramli “jurus rajawali ngepret” meski dibahas tetapi belum clear dan tak tuntas.

Mengapa itu harus terjadi ? Sangat mungkin terjadi apabila kita cermati dari latar belakang kedua pejabat itu. Jusuf Kalla adalah pengusaha. Nalurinya sebagai pengusaha boleh jadi punya kepentingan dan agenda tersendiri terkait dengan mega proyek tersebut. Sedangkan Rizal Ramli sebagai ekonom yang selalu vocal mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah. Beda latar belakang dan kepentingan itulah yang tak mudah diselesaikan. (Jusuf Suroso)

Category: Scrutiny 2015-2017

 

program Kuliah Umum yang menghadirkan para negarawan, guru bangsa, serta tokoh & ahli di bidangnya. 

program Diskusi Publik reguler yang mengangkat tema-tema penting, aktual, dan faktual.


Membaca DEBAT CAPRES Seri-2: Antara Capaian dan Optimisme Keberlanjutan Kebijakan

saksikan selengkapnya di:

YouTube Channel
youtube.com/c/parasyndicate

  • 1
  • 2