Scrutiny

Scrutiny 2018

Sejumlah calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada serentak 2018 diduga melakukan korupsi. KPK telah memegang list nama yang akan dijadikan tersangka, namun enggan mengungkapnya di jelang masa kampanye Pilkada. Di satu sisi, Pemerintah justru meminta KPK menunda penetapan tersangka untuk kasus ini. Akhirnya, KPK pun harus menerima tuduhan bermain politik. Bagaimana selanjutnya? Mampukah para pemimpin dan penegak hukum memberikan pendidikan politik yang berintegritas, untuk Indonesia yang lebih beradab?

Read more: PILKADA: Jangan Biarkan Kami Memilih Barang Busuk!

Category: Scrutiny 2018

PDIP memiliki hubungan kesejarahan dengan Bung Karno, demikian pula Partai Golkar yang erat dengan sosok Suharto. Namun, KPU telah melarang pemasangan gambar tokoh nasional yang bukan pengurus partai. Berbagai pendapat muncul; ada yang pro, banyak pula yang kontra. Bagaimana menyikapinya?

Read more: ‘Menjual’ Tokoh Bangsa di Kancah Pemilu

Category: Scrutiny 2018


Revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3); sebuah drama politik produksi rumah rakyat yang ramai menjadi tontonan, namun gagal menjadi tuntunan, dan menimbulkan kontroversi di masyarakat. Jika para negarawan itu sadar bahwa kekuasaan yang kini tengah dipegang semata titipan dari rakyat –sovereign, pemilik kedaulatan sebenarnya–, persoalan ini tidak akan terjadi dan berkembang menjadi bola liar. 

Read more: Jalan Tengah bagi Cinta Segitiga UU MD3

Category: Scrutiny 2018

Page 1 of 4

 

program Kuliah Umum yang menghadirkan para negarawan, guru bangsa, serta tokoh & ahli di bidangnya. 

program Diskusi Publik reguler yang mengangkat tema-tema penting, aktual, dan faktual.



saksikan selengkapnya di:

YouTube Channel
youtube.com/c/parasyndicate

  • 1
  • 2